English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Narkoba



[jenis dan efek]

NARKOBA adalah Narkotika, obat berbahaya dengan banyak berbentuk seperti ; Alkohol,Psikotropika,Zat Adiktif, Heroin,Morfin,Shabu-shabu,Ekstasy,Ganja,Obat Penenang Amphetamin Inhalant dan beberapa yang nyeleneh seperti lem,tiner bahkan bensin..!!

Pengelompokan Jenis Narkoba;

Depresan (Menekan perasaan)--> Opium, Heroin (Putaw), Morfin

Stimulant (membuat lebih berani)--> Kokain, Ekstasi, Shabu-shabu

Hallusinogen (menghayal)--> Ganja ,Ekstasi, Shabu-shabu


HEROIN [Putaw/Pt/Candu/Etep]





Berbentuk serbuk (tepung)
Berwarna putih, coklat

Cara penggunaan : dihisap, disuntikan

Pengaruh pemakaian:
kematian akibat kelebihan dosis (OD)
Lesu, ngantuk, pikiran melayang, pupil mata mengecil

Pengaruh Kesehatan :
merusak pusat syaraf, impotensi, jantung, paru-paru

Pecandu heroin yang sakau akan merasa kesakitan bila pemakaiannya dihentikan
* Kejang
* Nyeri tulang
* Sakit Perut
* Tubuh Gemetar
* Muntah-muntah
* hidung dan mata berair
* Kehilangan nafsu makan dan penurunan
berat badan


MORFIN

Sejenis narkoba yang merupakan hasil olahan candu (opium) mentah.
Berbentuk serbuk halus berwarna putih atau cairan berwarna
Dipakai dengan cara di hisap atau disuntikan
Efek terhadap tubuh sama dengan pemakai Heroin.

KOKAIN





Diproses dari tanaman Erytroxylon coca
Berbentuk serbuk
Dipakai dengan cara menghirupnya melalui hidung
Dikenal juga dengan nama lain ; crack, snow, coke, girl, lady

Efek yang ditimbulkan : halusinasi, gelisah, jantung berdebar, muntah, tekanan darah tinggi.

Ekstasi [inex, kancing,cece dll]


Berbentuk tablet warna warni

Efek yang ditimbulkan : memacu aktifitas tubuh, cuek, halusinasi.

Pengguna ekastasi dapat diketahui melalui: kehausan, tidak bisa duduk diam, gerakan tubuh tidak terkendali, sakit kepala, denyut nadi cepat, mual, muntah-muntah dan hilang nafsu makan.

Pengaruh kesehatan :merusak sistim saraf dan ginjal,kulit kering

SHABU-SHABU [mecin, ubas, SS, methaphetamine]





membuat pemakainya ketagihan
Sering disebut Ice karena bentuknya kristal transparan, tidk berbau dan berwarna

Pengaruh pengguna shabu-shabu yang timbul pada pemakai : hilang berat badan, berkhayal, indra peraba menjadi tumpul,

Pengaruh kesehatan :
penyempitan pembuluh darah otak
pembengkakan jantung, radang ginjal
tulang menjadi rapuh

GANJA [gele,cimeng,mariyuana,hashis]





Daun tumbuhan Cannabis Sativa yang dikeringkan

Pengaruh penggunaan :
* Berkhayal
* Hilang keseimbangan dan koordinasi
* Sulit berkonsentrasi
* Detak jantung menjadi cepat
* Perasaan gelisah dan panik
* Bingung dan perasaan tertekan

Pengaruh Kesehatan :
* Gangguan pernafasan dan sistim peredaran
darah
* menurunkan produksi sperma
* kanker paru-paru


Lem Aica Aibon, Thinner, Bensin, Spiritus,kecubung


Yang terakhir ini biasanya di gunakan oleh pecandu yang kehabisan duit :)

Pengaruh pengguna :
pusing, penurunan kesadaran

Pengaruh kesehatan :
merusak syaraf otak, liver, ginjal dan paru-paru
kematian akibat sesak nafas dan gangguan jantung

Karakteristik Tingkah Laku Pengguna Narkoba

Perubahan-perubahan mendadak di pekerjaan; mutu pekerjaannya, disiplin dan produksi kerjanya.

Cepat tersinggung dan marah.

Menarik diri dari tanggung jawab.

Keadaan penampilan diri semakin mundur.

Suka berbuat curang, tidak jujur, sering berbohong.

Senang memakai kaca mata hitam.

Sering meminjam uang dari orang tua atau teman.

Suka mencuri di rumah atau dipekerjaan.

Selalu menghindar dari perhatian orang banyak.

Sering menyendiri di tempat-tempat yang tidak biasa tanpa sebab (misalnya dalam gudang, kamar mandi, dll)

Beberapa Faktor-Faktor Penyebab Penggunaan Narkoba dan Mengapa Orang Sering Tergoda Narkoba ?


@ Faktor Individu;
keadaan psikologis atau kepribadian individu,
penyakit-penyakit badaniah, dll.

@ Faktor Obat;
adanya obat dipasaran gelap,
sifat-sifat farmakologi dari narkoba itu.

@ Faktor Lingkungan;
mode diantara remaja saat ini,
cara hidup,
nilai-nilai kebudayaan masyarakat, dll.

~ Untuk sekedar bersantai/Iseng/anak gaul.

~Agar diterima di lingkungan tertentu.

~Melarikan diri dari kenyataan hidup yang pahit (putus cinta, kondisi rumah tangga yang buruk,

~hubungan tegang dengan orang tua, dll).

~Kenyakinan bahwa bila mencoba sesekali tidak akan ketagihan.

~Kurangnya informasi yang akurat tentang Narkoba.

~Keinginan mencoba yang sangat kuat.


Tahapan Penanggulangan Narkoba


1. Konseling.
2. Rujukan ke rumah sakit atau panti rehab.
3. Program perawatan lanjutan.
4. Merubah pola hidup.
5. Ketahuilah fakta-fakta tentang narkoba, termasuk fakta baru yang timbul seputar narkoba.
6. Tekuni hobi tertentu.
7. Bentuklah kelompok-kelompok kecil diantara teman untuk saling menguatkan, mengingatkan, dan berdiskusi akibat narkoba.
8. Galakkan aktivitas yang menggembirakan dan produktif.
9.olah raga, berlatih seni, dll.
10.Memilih hidup sehat dan segera meninggalkan lingkungan narkoba.
11.Gunakan pendekatan kasih sayang Bila berhadapan dengan teman/saudara yang mulai bersentuhan dengan narkoba.


Sedikit Data Tentang pecandu Narkoba


PENGUNA NARKOBA :
Dunia : 180 JUTA lebih
Indonesia : 3-4 % dari jumlah penduduk,dan 2%nya adalah wanita
60 % Usia Produktif 20 – 45 TAHUN

Pengguna narkoba terus meningkat setiap tahun




Sedikit tulisan untuk membuka mata kita kembali, bahwa Narkoba masih mengancam orang-orang yang kita sayangi...

SAY NO TO DRUG saja tidaklah cukup

"MARI LAWAN DAN LAPORKAN"

Karna mendiamkannya berarti memberi kesempatan pada Narkoba menjangkit pada Adik,kakak,keluarga dan orang-orang yang kita sayangi...

semoga berkenan
whatever...apapun yang terjadi hidup harus lebih baik.

16 komentar:

Ayas Tasli Wiguna mengatakan...

sep dah.. nambah lg ilmuku ttg narkoba XD

dhimas mengatakan...

narkoba alias narik kolori bapak ya, canda bos, yg seharusnya dibrantas tuh para bandarnya bos, biar kagak ada lagi yg produksi healthlovemoneyand family

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

NARKOBA : NArik KOrban BAnyak,...
Artikel yang sangat berguna,aku bookmark dulu untuk materi penyuluhan. Tengkyu.

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Sekarang komentnya udah ngacir masuk,... kemaren nggak bisa karena verifikasi katanya kagak bisa muncul.

ateh75 mengatakan...

Salut dan hebar deh Bang Moel..benar2 postingan yg bagus dan sangat bermanfaat bagi kita semua tertama bagi anak remaja pada umumnya...semoga pd membaca artikel ini

mohanlink™ mengatakan...

artikel yang sangat bermanfaat

yanuar catur rastafara mengatakan...

wah,,ganja juga ikutan ke daftar nih??
uncle bob marley pasti rada terseinggung
hehehehehe

genial mengatakan...

untung nya saiia manusia paling bersih sedunia dari hal-hal seperti ituu.. eeee salaahhh ampuuun om ampunnn... ngaku2 nii.. iia bener tu om, kita harus jauhi anak bangsa dari sikotropika bgtuan :( mang mo di bawa kemana cucu2 kita nantinya...

buseddd gw ngemeng paan sii?!?!?

si kumb@ng mengatakan...

@ayas tasli wiguna : sama2..,makasih jg
@dhimas : yupz betul
@seti@wan Dirgant@ra : sama2 bang..makasih atas sarannya
@ateh75 : hasil dari penyuluhan teh..,yg hebat mah BNN-nya :)
@mohalink : semoga bermanfaat
@yanuar catur rastafara : mau ngga mau sob,
@Genial :kamu bener kok... :)

bening mengatakan...

hidup hanya sekali, enjoy your life
stay away from drugs
say no to drus
hemmmm.. apa lagi ya (he he he...)

Inuel mengatakan...

duh ngeri banget,aku ngga pernah tau dan ngga akan pernah mencari tau,sampai kapanpun,perangi narkoba :) makasih sharingnya abang!!

Anonim mengatakan...

Kutahu ,Mencintaimu,Petualang Cinta, Apakah kau mencintaiku

Obat Maag Anak mengatakan...

semoga kita terjauh dari barang haram tersebut .

Obat Infeksi Saluran Kemih mengatakan...

Narkoba memang sangat merugikan anak bangsa ,

Obat Asam Lambung mengatakan...

selain barang haram narkoba juga dapat menghancurkan cita-cita dan masa depan para penggunanya .

Posting Komentar

Pendapat sobat untuk hidup yang lebih baik lagi [no spam please]

Related Posts with Thumbnails