English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Ketika Nurani Ber-mata



Apa Yang akan kita lakukan ketika kita melihat segerombolan pencopet dalam buskota mengambil dompet lelaki paruh baya di hadapan kita..??
atau apa yang akan kita lakukan ketika kita melihat sekelompok penuda dengan senjata tajam di tangan menodongkannya pada pemuda tanggung di pojok jalan menuju rumah kita ??

Terdiamkah kita, karna kita telah terdoktrin oleh pribahasa "asal jangan gue"...??
atau mengambil resiko mencoba menjadi pahlawan..?? ( kalau menang..!! )
dan akan di cemooh kerabat sebagai pahlawan kesiangan ( kalau kalah..!! )

Beranikah Kita..??

Lalu...
apa yang akan kita lakukan ketika kita melihat Handphone atau barang berharga seseorang tertinggal di meja makan rumah makan langganan kita ?
Memanggil orang tersebutkah kita? kemudian "hanya" mendapatkan ucapan terima kasih...
atau kita menyimpannya dulu dan menunggu sang pemilik menelpon kemudian menjemputnya di tempat kita dengan berjuta ucapan terima kasih,karna dianggap penyelamat data-datanya dan mungkin juga sedikit hadiah ...

Dan coba juga bandingkan dengan apa yang akan kita lakukan ketika kita melihat seorang wanita setengah baya yang duduk di belakang stir mobil mewahnya terdesak di bawah ancaman sekelompok orang jahat..??
Apa juga yang kita lakukan ketika kita melihat seorang wanita muda dan cantik di bawah ancaman sekawanan penjahat di jalan sempit..??

masih adakah prinsip "asal jangan gue" di hati kita ??

kalau jawaban kita "Tidak",maka kenapa harus berbeda, kebaikan yang kita tebar ??

dan kenapa harus ada perbedaan ketika kita membalas kebaikan..??

Pada dasarnya nurani kita akan berkata bahwa kebaikan yang kita berikan bukan untuk sebuah ucapan atau bingkisan, tapi untuk diri kita dan keluarga kita, untuk orang-orang yang kita cintai, untuk generasi kita, karna membiarkan kebathilan terjadi berarti kita telah membiarkan kejahatan berkembang dan kelak juga mungkin akan menimpa kita, keluarga kita dan orang-orang yang kita cintai.... karna orang-pun akan bersikap "asal jangan gue"
Mari lawan kebathilan....

Karena nurani tak pernah ber-mata...
Karena Kebaikan tak pernah memandang pada apa dan siapa...

semoga berkenan..
whatever...apapun yang terjadi hidup harus lebih baik


12 komentar:

si embah mengatakan...

yups!!!
petuanya manteb abizzz
ya hidup mang harus berjalan!!!

yanuar catur rastafara mengatakan...

kalau aq,,langsung ku kejar tu copet
trus kalau ketangkep ama aq
wuh,,bisa benjut tu muka copet
hehehhehehe

Narti mengatakan...

setuju dgn mari kita lawan kebathilan.
tp kalau berhadapan langsung, takuuutttt.....

dudutz mengatakan...

hari ini aku belajar tentang kesadaran diri untuk berbuat baik kepada orang laen ,tanpa mengharapkan imbalan,

inuel mengatakan...

ihlas juga dutz,,abang aku numpang terkenal yah !!:)

waluyo mengatakan...

mari pak kita lawan kebatilan yang ada dalam diri, keluarga, dan lingkungan agar hidup lebih hidup dan berkehidupan.....semangat

bening mengatakan...

kalo kita mampu melawan kebathilan itu dengan sebuah tindakan nyata, maka harus tuh alisa kudu
tapi kalo gak mampu cukup dengan omongan kita, teriak misalnya
lha kalo nggak mampu minimal kita do'akan deh
pokoknya yag penting harus aktif gt ya (salah ya kata2ku ???)
lha kalo gak mampu semuanya gmana dong???
kelaut aja deh.... he he he...(piss ya)

kang tatang mengatakan...

mantap kang, sedikit sentilan untuk kita agar tetap perduli tterhadap sesama ;)
yang perlu diingat adalah jika anda ddalam posisi si Korban..... maka anda akan lebih mengenal tentang arti kata Nurani :)

:thumbsup:

kangtatang

si kumb@ng mengatakan...

@ makasih semua sahabat, semoga kita di beri kekuatan-NYA dalam melawan kebathila. Amiin..

mas8nur mengatakan...

Jaman sekarang harus cerdas (baca: mikir dulu) kalau mau nolong orang. Jadi ada sense nya gitu. Biar nggak dianggap bagian dari skenario. Soalnya aku pernah nemuin dompetnya orang kaya tapi isinya dah kosong. Lalu aku telpon tuh orang sesuai yg tertera di dompetnya. Eh waktu nyerahin dompet kerumahnya dia mukanya kayak orang lihat maling....dikirain aku yg nyuri kali.... sabarrrr deh pokoknya. Lain kali kalo nemu dompet kasihkan polisi aja, biar dia yg ngurusi.

Soepriyadi mengatakan...

Bener banget plan, cuma semuanya harus dengan didasari sebuah keiklasan dan hati yang bersih x yeeeeee

شات مصري,شات بنات mengatakan...

http://www.hmsat1.com/

Posting Komentar

Pendapat sobat untuk hidup yang lebih baik lagi [no spam please]

Related Posts with Thumbnails