English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Renungan Ramadhan



* Ramadhan adalah Karunia Yang Ternilai

‘Mereka para Shalafus Shalih berdoa kepada Allah selama 6 bulan agar usia mereka disampaikan pada bulan Ramadhan, lalu seusai Ramadhan mereka berdoa selama 6 bulan agar amalan mereka dibulan Ramadhan diterima oleh Allah.’ Yahya bin Abi Katsir berkata, ‘Diantara doa yang mereka lantunkan adalah, ‘Ya Allah, serahkanlah aku kepada Ramadhan dan serahkanlah Ramadhan kepadaku, dan Engkau menerimanya dariku dengan Rahman-MU.’




* Puasa Yang Sebenarnya

‘Puasa itu ada tiga macam; puasa ruh, yaitu membatasi harapan [keinginan]
puasa akal, yaitu menentang keinginan hawa nafsu.
dan puasa anggota tubuh [fisik], yaitu menahan makan, minum, dan bergaul dengan istri.’


* Adab Membaca Al-Qur’an

Diantara adab membaca Al-Qur`an adalah;
Meng-ikhlash niat karena Allah,
membaca dengan menghadirkan hati dengan berupaya mentadabburi setiap kata yang dibaca, membaca dalam keadaan suci, tidak membacanya ditempat-tempat kotor ,
berta’awwudz sebelum membacanya,
memperindah suara,
dan melakukan sujud tilawah disaat membaca ayat-ayat yang berkenaan dengan sujud.


* Bulan Memetik Buah

‘Tahun adalah ibarat sebuah pohon, bulan adalah cabangnya, hari adalah rantingnya, jam adalah daunnya, sedangkan nafas seorang hamba adalah buahnya. Rajab adalah bulan untuk menumbuhkan daun, bulan Sya’ban adalah bulan untuk menumbuhkan cabangnya, sedangkan Ramadhan adalah bulan untuk memetik buahnya. Adapun yang memetik buahnya adalah kaum mukminin.’


* Memamfaatkan Keadaan

‘Orang yang membaca Al-Qur`an hendaknya mengetahui bagaimana dia memanfaatkan malam yang dimilikinya pada saat orang-orang terlelap,
mengetahui bagaimana dia memanfaatkan waktu siangnya pada saat orang-orang tidak berpuasa,
mengetahui bagaimana dia harus menangis pada saat orang-orang sedang tertawa.
Bagaimana dia harus menjaga diri pada saat orang-orang bercampur dengan manusia lain, bagaimana dia harus diam saat orang-orang ikut campur dalam pembicaraan orang lain, bagaimana dia harus khusyu’ saat orang-orang menyombongkan diri,
serta bagaimana dia harus bersedih saat orang-orang sedang berbahagia.’


* Petunjuk Nabi Di Bulan Ramadhan

Berikut diantara petunjuk-petunjuk Nabi Sallallahu Alaihi Wa Salllam disaat berpuasa;
Beliau bersahur dan mengakhirkan sahur hingga akhir malam, adakalanya beliau dalam keadaan junub di shubuh hari lalu mandi dan berpuasa, kadang pula beliau mencium sebagian istrinya, pernah menuangkan air diatas kepalanya.
bersegera berbuka disaat matahari telah tenggelam, dan berdoa dikala berbuka dengan doa, ‘Zahabadh-Dhamau, Wabtallatil ‘Uruqu, Wa Tsabatal Ajru Insya Allah.’
Dan jika berbuka ditempat orang lain beliau berdoa,
‘Afthara ‘Indakumush Shaimun, Wa Akala Tha’amakumul Abrar, Wa Shallat Alaikumul Malaikatu,’
Beliau melakukan qiyamul lail [shalat Tarawih] dan pernah mengimami shahabat-shahabatnya beberapa malam,
senantiasa ber’itikaf di masjid pada sepuluh terakhir Ramadhan dan tidak memasuki rumahnya terkecuali jika ada keperluan yang mendesak,
giat membaca Al-Qur’an, berlaku dermawan, dan memerintahkan mengeluarkan zakat fitri diakhir Ramadhan dimana orang diperintahkan mengeluarkannya sebelum pelaksanaan shalat Ied...

semoga Fadhilah Ramadhan menjadi milik kita semua...


semoga bermanfaat
whatever apapun yang terjadi hidup harus lebih baik

11 komentar:

waluyo mengatakan...

met menjalankan puasa Ramadlan Bos....sedoyo kalepatan nyuwun agunging pangaksami nggih!

bening mengatakan...

hemm.... renungan yang pass...
katanya hiatus mode on he he he..., gak tahan ya xi xi xi, met puasa ya sob, semoga amal ibadah kita di catat sebagai pemberat timbangan amal kebajikan kita aminnn....

Inuel^-^ mengatakan...

insyaallah....
semoga menjadi bulan yang penuh dengan keistimewaan,dan semoga aku bisa melaksanakannya,meskipun di awal rada mbleot,tak perlu di sesali,tapi di perbaiki,makasih sharingnya abang :)

cahyadi mengatakan...

renungannya bagus banget mas... met menjalankan puasa ramadhan ya mas... maaf nih kalo lama nggak berkunjung... salam terkasih dan penuh cinta dariku...

NURA mengatakan...

salam sobat
trims pencerahan jiwa dan renungan ramadhannya.

ada AWARD sederhana untuk sobat ,mohon diterima ya,,di blog NURANURANIKU,sahabat lama di ALJUBAIL.S.A,trims.

GigiSehatBadanSehat mengatakan...

met puasa juga ya...

Inuel^-^ mengatakan...

minal aidin wal Faizin ya abang ^_^...

nol-pitu mengatakan...

Hello salam kenal yah!
Renungannya memberikan pencerahan bagi kita semua. Terimakasih!

Ayas Tasli Wiguna mengatakan...

pa kbr? muf lhr batin bang..

شات مصري,شات بنات mengatakan...

http://www.hmsat1.com/

Anonim mengatakan...

منتديات توب عرب للمبدعين احساس منتديات عامة
افضل المنتديات العربية
منتديات
funny images
funny images

Posting Komentar

Pendapat sobat untuk hidup yang lebih baik lagi [no spam please]

Related Posts with Thumbnails