English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Belajarlah Hingga Negri China



Beberapa waktu yang lalu saya bertemu seorang pengusaha yang kebetulan sering mondar-mandir ke negri China, lalu saya sharing dengan beliau tentang negri China, khususnya tentang bagaimana China membangun ekonomi Makronya hingga begitu ditakuti oleh Negara-negara lain termasuk Negara sebesar Amerika...( sumpah saya nggak ngerti tentang Ekonomi...:))....

Lalu beliau mulai cerita dari mulai Tuhan mereka adalah Uang,dan sifat Humanisme bagi mereka adalah sifat dasar Manusia bukan karna aturan Agama, sampai bagaimana mereka membangun kekuatan ekonomi...? ternyata China memakai konsep ekonomi semi syari'ah dalam membangun ekonominya.., ( saya sebenernya tambah nggak mudeng dengan istilah beliau..) Maksudnya..?
Lalu beliau menggambarkan satu contoh " Begini,misalnya pemerintah bikin mall, mall tersebut tidak untuk komersial seperti negara kita, tapi tidak juga gratis..!!
( makin garuk-garuk kepala neh )Tidak komersial tapi juga tidak gratis? Maksudnya..? "Tapi pemerintah setempat akan menyeleksi usaha-usaha mikro yang mereka kelola untuk memasarkan produknya di mall tersebut.., untuk tahun-tahun awal mereka hanya dibebankan menggaji seorang akuntan yang ditunjuk pemerintah untuk mengawasi neraca mereka, lalu pada tahun tahun berikutnya baru mereka diwajibkan mencicil tempat tersebut untuk kemudian akan menjadi milik mereka, dengan system demikian usaha kecil bisa menjadi usaha besar, dan uang cicilan dari mall tersebut terus akan diputar untuk membiayai usaha-usaha yang lain,dengan system yang sama, hebatnya lagi mereka membangun pabrik di dalam penjara..!!! hingga terpidana disana tidak makan tidur aja seperti disini...tapi berkarya untuk bangsa..dan regulasi mereka tidak ribet kaya kita..., untuk kasus terakhir saya teringat ucapan kawan saya di kalimantan yang bercerita tentang bagaiman sebuah perusahaan di China yang membeli kayu glondongan dari perusahaan Indonesia, tapi perusahaan China tersebut bisa menjual lebih murah kayu olahannya ke negara Eropa daripada kita, padahal mereka membeli kayu gelondongannya dari perusahaan Indonesia...!!!
wow...luar biasa, sebagai orang awam saya berdecak kagum,bagaimana mungkin system ekonomi Agama mayoritas kita di pakai oleh negara yang nyata-nyata tak mengakui Tuhan..!! kenapa kita lebih mengagungkan system kapitalis yang jelas-jelas hanya membuat sikaya tambah kaya dan simiskin tambah miskin, mengapa? saya yakin orang-orang hebat negri ini lebih punya jawabannya daripada saya..
Hanya,yang jadi pertanyaan saya, mengapa kita tak belajar ke China seperti yang dianjurkan Rosulullah S.A.W...?

WhatEver...apapun yang terjadi..hidup harus lebih baik..


Related Posts with Thumbnails